Jumat, 19 Februari 2010

BAHASA PEMROGRAMMAN JAVA



ini adalah tokoh yang bernama james gosling yang mempopulerkan bahasa pemrograman JAVA


A.PENGENALAN JAVA

JAVA adalah salah satu bahasa pemrograman komputer yang berorientasi objek, diciptakan oleh satu tim di Sun Microsystem yang terdiri dari Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy sebagai pelopor terbentuknya program ini. JAVA diciptakan berdasarkan bahasa C++, dengan tujuan “platform independent” (dapat dijalankan pada berbagai jenis hardware tanpa kompilasi ulang). Dibandingkan dengan bahasa C++ maka JAVA pada hakekatnya lebih sederhana, dan memakai objek secara murni.

Sebagai perkenalan aplikasi maka tim pengembang Java menciptakan HotJava, suatu aplikasi yang ditulis dalam bahasa JAVA. HotJava adalah aplikasi “Web-Browser” yang mampu menjalankan program-program JAVA yang disebut “Applet” pada halaman Web. Munculnya JAVA telah meransang munculnya dinamika dalamdunia Web, tidak statis lagi, dan bisa memberi layanan interaktif. Dewasa ini semua Web-Browser sudah menunjang aplikasi JAVA bahkan kemunculan Java telah memicu munculnya hal-hal baru seperti JavaScript, Visual J++, Active-X dll, yang berusaha menandingi kekuatan JAVA dalam dunia Web.
Walaupun aplikasi-aplikasi JAVA umumnya dirancang untuk Web, namun pada hakekatnya JAVA adalah bahasa “general purpose” yang bisa dipakai untuk menulis program pada umumnya seperti pada bahasa C dan C++

Bahasa JAVA tidak muncul secara tiba-tiba, atau karena penemuan aksidental. Asal usul JAVA dimulai pada tahun 1991 ketika Sun MicroSystem sedang melakukan eksperimen penelitian pada produk elektronika. James Gosling (kepala proyek penelitian) beserta Patrick Naughton ditugaskan untuk merancang perangkat lunak yang independent, tidak bergantung pada jenis perangkat keras agar bisa dipakai pada berbagai peralatan elektronik. James Gosling kemudian memakai bahasa C++ namun ternyata dia mengalami berbagai kesulitan, oleh karena itu suatu bahasa baru diciptakan yang didasarkan pada C++ namun dengan beberapa perbaikan. Bahasa ini kemudian disebut Oak, dan dipakai untuk membuat perangkat lunak cerdas bagi peralatan-peralatan elektronik buatan Sun MicroSystem. Pada tahun 1994 ketika Web mulai populer, maka nama bahasa Oak kemudian diganti menjadi JAVA (salah satu sebabnya karena ternyata nama Oak terlebih dahulu telah dipakai untuk hal yang lain, kemudian nama JAVA kelihatannya belum ada yang pakai hanya dipakai untuk nama kopi panas, dan menurut Gosling nama ini cukup “cool”, Gosling ter-inspirasi menggunakan nama Java ketika sedang meminum kopi). JAVA kemudian dipakai untuk membuat suatu browser yang bernama WebRunner, setelah berhasil browser ini kemudian disebut HotJava dengan simbol secangkir kopi panas.

Tahun 1995 merupakan tahun yang paling penting bagi bahasa Java. JAVA dan HotJava kemudian diumumkan di Web, versi Alpha dirilis pada awal tahun 1995. JAVA pada awalnya hanya diperuntukkan bagi SPARC Solaris, kemudian di-implementasikan juga pada Windows NT, dan pada musim panas 1995 baru di-implementasi untuk Windows 95 dan Linux. JAVA versi Beta 1 diumumkan pada musim gugur 1995, kemudian disusul dengan versi Beta 2 pada bulan Desember, pada saat yang sama MicroSoft dan IBM menyatakan dukungan mereka terhadap teknologi JAVA.
Pada tanggal 23 Januari 1996, JAVA 1.0 resmi diumumkan dan di sertai paket awal yang dapat di kembangkan antara lain.
Java.lang : Digunakan untuk element-element dasar
Java.io : Digunakan untuk input dan output, termasuk penggunaan berkas
Java.util : Digunakan untuk pelengkap (struktur data & penganggalan) `
Java.net : Digunakan untuk kelas TCP/IP, yang memungkinkan berkomunikasi dengan komputer lain menggunakan TCP/IP
Java.awt : Kelas dasar untuk aplikasi antarmuka untuk diterapkan pada penjelajah Web
Kemudian NetScape 2.0 salah satu browser terkenal mengadopsi JAVA dan JAVASCRIPT. Perkembangan JAVA tidak berhenti disana, berbagai teknologi yang berkaitan kini telah diperkenalkan, seperti J2EE (Java 2 Enterprise Edition), JavaBean, Java Server Page (JSP), dan JME (Java Mobile Edition).
Salah satu kemampuan dari bahasa JAVA adalah pemakaian Applet pada halaman Web untuk suatu bentuk interaksi dengan pengunjung situs Web, misalnya seperti yang ditampilkan pada salah satu halaman Web berikut ini dimana Applet dipakai untuk belajar sejarah Mesir.

Perkembangan Teknologi Java

Dalam posting kali ini menceritakan tentang teknologi Java yang sedang berkembang pesat hingga dikabarkan sedang berusaha menyaingi Microsoft yang terkenal sebagai produsen operating system. Teknologi Java pada awalnya hanya dikenal sebagai aplikasi untuk desktop (J2SE) ataupun pada application server (J2EE).
Kini hadir tenologi terbaru dari Java yaitu J2METM platform, yang digunakan untuk membangun apliklasi pada mobile device seperti pada mobile phone dan PDA. Selain J2METM platform ada pula Java Card yang merupakan perangkat untuk membangun aplikasi pada sebuah card electronic seperti SIM CARD pada ponsel.

Sun Microsystem telah melansir bahwa kedepan teknologi yang memadukan antara networking dan computing akan memberikan potensi yang besar bagi perkembangan teknologi di dunia ini. Perkembangan selanjutnya adalah XML yang telah menjadi standar bagi portable application pada lingkungan Java, dan IP sebagai standar bagi interoperabilitas & skalabilitas networking, maka Sun mengeluarkan slogan “The Network is the Computer”.

B.Keunggulan JAVA

1)Sederhana
Bahasa Pemrograman Java Menggunakan sintaks mirip dengan C ++ namun sintaks pada Java telah banyak diperbaiki terutama meghilangkan penggunaan pointer yang rumit dan multiple inheritance. Java juga menggunakan automatic memory allocation dan memory garbage collection.

2)Berorientasi objek (Object Oriented)
Java menggunakan pemrograman berorientasi objek yang membuat program dapat dibuat secara modular dan dapat dipergunakan kembali. Pemrograman berorientasi objek memodelkan dunia nyata kedalam objek dan melakukan interaksi anatara objek-objek tersebut.


3)Dapat didistribusikan dengan mudah
Java dibuat untuk membuat aplikasi terdistribusi secara mudah dengan adanya libraries networking yang terintegrasi pada java.

4)Interpreter
Program java dijalankan menggunakan interpreter yaitu Java Virtual Machine (JVM). Hal ini menyebabkan source code java yang telah dikompilasi menjadi java bytecodes dapat dijalankan pada platform yang berbeda-beda.

5)Robust
Java mempunyai reliabilitas yang tinggi. Compiler pada java mempunyai kemampuan mendeteksi error secara lebih teliti dibandingkan bahasa pemrograman lain. Java mempunyai runtime-Exception handling untuk membantu mengatasi error pada pemrograman.

6)Aman
Sebagai bahasa pemrograman untuk aplikasi internet dan terdistribusi, java memiliki beberapamekanisme keamanan untuk menjaga aplikasi tidak digunakan untuk merusak system computer yang menjalankan aplikasi tersebut.

7)Architecture Neutral
Program java merupakan platform independen . program cukup mempunyai satu buah versi yang dapat dijalankan pada platform yang berbeda dengan java Virtual Machine.

8)Portabel
Source code maupun program java dapat dengan mudah dibawa ke platform yang berbeda-beda tanpa harus dikompilasi ulang.

9)Multithreading
Java mempunyai kemampuan untuk membuat suatu program yang dapat melakukan beberapa pekerjaan secara sekaligus dan simultan.

10)Dinamis
Java didesain untuk dapat dijalankan pada lingkungan yang dinamis. Perubahan pada suatu class dengan menambahkan properties ataupun method dapat dilakukan tanpa mengganggu program yang menggunakan class tersebut.

C.Struktur Program
Java mempunyai struktur dalam kode sumber yang dimulai dengan penulisan kelas sebagai hierarki tertinggi, variabel, method, dan lainnya. Secara umum struktur program Java terlihat saat anda membuat program. Secara garis besar struktur program JAVA terlihat pada listing dibawah ini
Mendeklarasikan class Java
::=
class {
*
*
* }
dimana adalah sebuah access modifier, yang mana boleh dikombinasikan dengan tipe yang lain dari modifier.
* = berarti bahwa boleh ada 0 atau lebih kejadian dari deret tersebut yang menggunakannya

Mendeklarasikan Atribut
::=
[= ];
::=
byte | short | int | long | char | float | double | boolean
|

Mendeklarasikan Method
::=
(*) {
* }
::=
[,]

Mendeklarasikan sebuah Constructor
::=
(*) {
* }

Jika tidak ada constructor yang disediakan secara jelas, constructor default secara otomatis membuatkannya untuk Anda. Constructor default tidak membawa argumen dan tidak berisi pernyat aan pada tubuh class.
Petunjuk Penulisan Program: Nama constructor harus sama dengan nama class. yang valid untuk constructor adalah public, protected, dan private. Constructor tidak memiliki nilai return. Petunjuk Penulisan Program: [] = Menunjukkan bahwa bagian ini hanya sebagai pilihan.

Secara prinsip program java dapat dibedakan menjadi 2, yaitu aplikasi dan applet :

Aplikasi : program java yang dapat berdiri sendiri, dikompile dan dieksekusi secara mandiri
Ciri utama suatu program java adalah aplikasi adalah didalamnya ada definisi metod main dengan syntax :
public static void main (String [] arg)

Suatu aplikasi java memiliki struktur sbb:
[import nama_package]
[public] class nama_Class [ extends nama_induk] [implements nama_interface,namainterface,.. ]
{ [definisi data dan definisi variabel ]
[definisi metod-metod ]
public static void main (String [] arg)
{ …………
} // akhir main
} //akhir definisi class





Keterangan :
tanda [ ] berarti bagian tersebut bersifat pilihan (boleh tidak ada)
Tanda // berarti dibelakang tanda tersebut adalah komentar program
Applet : Program java yang dicompile menjadi file class (kode byte) dan eksekusinya di-INSERT-kan dalam file HTML yang selanjutnya dieksekusi dengan suatu browser tertentu Applet juga dapat dieksekusi menggunaka program appletviewer dalam JDK

Suatu applet java memiliki struktur sbb
public class namaApplet extends java.applet.Applet
{ public void init(){… inisialisasi….}
public void paint(){…….}
[definisi metod-metod yang lain]
}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar